Friday 25 December 2015

PENANGANAN KEMACETAN LALU LINTAS


TUGAS KULIAH : ILMU SOSIAL DASAR

Pada postingan kali ini kelompok kami akan membahas sedikit tentang penanggulangan masalah kemacetan lalu lintas di Indonesia. berikut ini adalah sebagian dari cara-cara yang menurut kami bisa dilakukan untuk mengatasi kemacetan yang selalu terjadi.

1. Pengaturan waktu lampu lalu lintas yang tepat
waktu lampu hijau yang kadang terlalu cepat, sedangkan antrian kendaran bisa mencapai 1KM. dalam hal ini mungkin solusinya adalah dengan menambah waktu lampu hijau menjadi 1,5 - 2 menit.

2. Menindak tegas angkutan umum yang parkir di bahu jalan yang menyebabkan jalanan menjadi sempit dan macet.

3. Menyediakan tempat untuk berjualan pada para pedagang kaki lima, agar mereka tidak lagi menjual dagangan nya di tepi jalan sampai tumpah ke bahu jalan dan membuat kemacetan yang parah.

4. Membatasi penggunaan kendaraan pribadi agar tidak banyak kendaran yang turun dijalan. Namun hal ini juga harus di imbangi dengan diperbaiki nya fasilitas kendaraan umum agar orang-orang suka naik kendaraan umum dan merasa nyaman.

5. Cara kelima ini mungkin sudah banyak diberlakukan di negara maju yaitu, menonaktifkan kendaraan pribadi yang sudah berumur lebih dari 10 thn. Sehingga bisa mengurangi jumlah kendaraan yang ada.

Dalam hal mengatasi permasalahan kemacetan ini, kelompok kami juga membuat flowchart bagaimana untuk penyelesaian masalahnya.



Sekian pembahasan dari kelompok kami tentang penyelesaian masalah kemacetan lalu lintas. semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian, TerimaKasih.

Kelompok : M.Ayub - Edward - Alim - Yudha - Siwi - Mustova - Samuel - Deva

Load disqus comments

0 komentar