Sunday 28 February 2016

HAL YANG DIPERHATIKAN DALAM MEMBUAT TUTORIAL


Diantara para pembaca mungkin ada juga yang sering bikin tutorial kan?, nah di postingan kedua hari ini mimin bakal sharing hal-hal apa aja sih yang perlu diperhatiin kalau membuat sebuah tutorial (text atau video).
silahkan disimak ya :

1. yang paling utama adalah kamu itu kalau bikin tutorial wajib menguasai betul materi yang kamu buat itu, kalau ga menguasai dengan bener nanti ada yang nanya dan gabisa jawab kan malu juga.

2. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti ya, jangan pakai bahasa dari buku karena ga semua orang yang baca/nonton tutorial kamu itu mengerti dengan bahasa-bahasa yang sulit.

3. Berikan ilustrasi gambar saat kamu membuat tutorial khususnya tutorial dalam bentuk text ya, biar yang baca ga bingung apa yang harus dilakukan. (ilustrasinya bisa berupa screenshoot).

4. Pastikan kamu standby untuk jawab pertanyaan dari para pembaca/penonton tutorialnya ya, biasanya setelah tutorial dishare bakalan banyak yang nanya-nanya.

5. Jangan lupa ya, kalau kalian mengutip/mengambil bahan dari sumber lain untuk membuat tutorial pastikan kalian sertakan link sumbernya. karena kita juga harus menghargai karya-karya orang lain, dan yang paling penting jangan cuma copy paste aja ya.

Okedeh mungkin segitu dulu yang bisa saya bagikan, kalau ada yang mau nambahin boleh lewat komentar nanti akan saya input ke postingannya.


SEMOGA BERMANFAAT
THANKS FOR VISIT OUR SITE



Load disqus comments

0 komentar