Sunday 11 October 2015

MASALAH SOSIAL MASYARAKAT


TUGAS KULIAH "ILMU SOSIAL DASAR"

Dalam kehidupan bermasyarakat kita sudah tidak asing dengan yang namanya hubungan sosial masyarakat. Sosial masayarakat menurut pemahaman saya sendiri adalah hubungan antara satu orang dengan orang lainnya di dalam lingkungan masyarakat, contohnya adalah lingkungan RT atau Rukun Tetangga.

Di artikel kali ini saya akan membahas tentang kehidupan sosial yang ada di lingkungan sekitar rumah saya sendiri. Keseharian warga di lingkungan rumah saya sama saja seperti keseharian orang-orang lainnya ya, ada yang bekerja, berjualan, dan lain sebagainya.
Dan kehidupan warganya cenderung sedikit tertutup dan kurang berbaur satu sama lainnya, dikarenakan kesibukan mereka masing-masing.

Dan ada juga masalah yang sangat mengganggu kehidupan sosial masyarakat di lingkungan saya, masalahnya yaitu seringnya terjadi kasus kehilangan [KEMALINGAN]. Kasus-kasus kemalingan ini memang sangat menghawatirkan, warga-warga RT jadi resah untuk meniggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Di lingkungan rumah saya ini memang sangat rawan dengan kasus pencurian karena letaknya yang berdekatan sekali dengan jalan raya, dimana orang-orang yang tidak kita kenal sering berlalu-lalang di jalan.

Tidak hanya rumah yang ditinggal pemiliknya yang disatroni maling ini, rumah yang masih ada pemiliknya didalam rumah pun tidak luput dari aksi maling. kasusnya pernah terjadi dirumah tetangga saya yang motornya hilang, padahal pemiliknya ada didalam rumahnya.
Dengan seringnya terjadi masalah ini para warga pun berdiskusi dengan ketua RT setempat untuk memecahkan masalah dilingkungan masyarakat kita, akhirnya untuk mencegah terjadinya masalah yang sama untuk kesekian kalinya Pak RT pun membuat jadwal untuk Siskamling atau Ronda Malam.

Alhamdulillah setelah aktifnya program Siskamling dan Ronda Malam, lingkungan RT sekitar rumah saya jadi lebih aman dan para warga yang tadinya tertutup dengan warga lainnya pun mulai bisa ber-interaksi satu sama lain dan bisa saling menjaga lingkungan sekitar bersama-sama.
Load disqus comments

0 komentar